Jumat, 07 Januari 2011

Ekstra Kulikuler Kesenian diminati Ibu dan Anak


Malang- Surya
Selain mendidik  belajar dan bermain, Ekstra Kulikuler sangat penting dalam mendidik kretifitas anak dalam belajar. Kamis (6/1).
Kesenian Ekstra kulikuler yang diterapkan di TK (Taman Kanak-Kanak) Sena Putra Jl. Kahuripan Klojen Kota Malang menjadikan sebagian ibu berminat menyekolahkan anak-anaknya.
 Selian itu Yayasan Sena Putra juga mempunyai  kesenian seperti  Wisata, kolam Pancing, Radio dan sanggar seni.   
Eni (31) ibu asal Brantas Kota Malang mengatakan Sena Putra memilih sekolah ini untuk mendidik anaknya Ika (5) karena memiliki kreatifitas yang baik untuk mendidik anak.
“Selain tempatnya bagus saya lega anak saya sekolah disini karena jauh dari jalan raya dan pulang sekolah anak-anak bisa bermain”, ungkap wanita berambut lurus itu.
 Sementara itu selain keinginan ibu menyekolahkan anaknya ditempat yang jauh dari jalan raya, anak dari Eni juga menginginkan sekolah di TK Sena Putra ini.
“ Awalnya saya ajak jalan-jalan ketempat-tempat sekolah TK, tapi saya gak tahu kenapa pas waktu ditempat TK Sena Putra ini ko’ dia (Ika) bilang  pengen sekolah disini ”,ujar ibu beranak dua itu.    
Singkat cerita akhirnya anak dari ibu Eni (Ika) sekolah di TK itu dengan membayar SPP Rp 200.000 perbulannya, dan itu sudah termasuk kegiatan yang ada didalamnya seperti Sanggar Seni.
Dan yang paling diminati anak saya seni tari, “ Ika senang lihat saja itu dia goyang-goyang dengan teman-teman sekelasnya , dan dirumah anak bisa nari-nari sendiri kan kreatif ”, kata Eni.  
Ibu bekulit putih itu mengungkapkan lega anaknya bisa sekolah TK disini dengan kemauannya sendiri, selain sekolah juga ada ekstra kulikulernya, yang bisa menunjang kreatifitasnya seperti angklung, mengaji, drumband, komputer.
Sementara jam masuk TK Sena Putra mulai pukul 07.00 sampai pukul  10.00 WIB dan Ekstra kulikuler pukul 10.00 sampai pukul 11.00 WIB.
Tika (35) warga asal Brantas Kota Malang senang melihat anaknya Wina (5) ceria pada waktu mengikuti ekstra kulikuler seni tari, dia melenggak-lenggokkan badannya setelah musik khas jawa tersebut diputar.
Setelah seni tari selesai Tika mengatakan sekolah disini tidak sama dengan sekolah-sekolah lain, meski berangkat paling pagi, pulang paling siang.
“ TK Sena Putra ini sudah menjadi langganan saya, mulai dari anaknya kakek, bude dulu sampai anak  saya sekarang TK disini ”, tegas Tika.
Ekstra kulikuler mempunyai nilai yang lebih dalam mendidik anak, itu diungkapkan oleh Kepala Sekolah TK Sena Putra Maria SW Taurani pada Surya, kamis (6/1).
Wanita asal Sawojajar kota Malang ini mengatakan belajar sambil berbudaya sangat penting untuk membantu kreatifitas anak, selain konsentrasi anak dituntut bisa membaca dan menulis mereka juga bisa menuangkan bakatnya di ekstra kulikuler ini.
Sedangkan Dalam satu minggu ekstra kulikuler hanya dilakukan empat hari dan hanya dilakukan diluar jam pelajaran sekolah
Hari
Ekstra Kulikuler
Jam
Kelas
Selasa

Angklung

10.00-10.30 (laki-laki)
10.30-11.00 (perempuan)
A dan B
A dan B
Rabu & Kamis
Seni Tari
10.00-10.30 (laki-laki)
10.30-11.00 (perempuan)
A dan B
A dan B
Jum’at
Mengaji dan Komputer
10.00-10.30 (laki-laki)
10.30-11.00 (perempuan)
A dan B
A dan B
Sabtu
Drumband
10.00-10.30 (laki-laki)
10.30-11.00 (perempuan)
A dan B
A dan B

“ saya tidak menuntut siswa belajar belajar dan belajar, anak bisa jenuh mas, mak dari itulah sekolah mengadakan ekstra kulikuler diluar jam pelajaran”, ungkap Maria.
TK  yang berdiri selama 35 tahun  sejak tahun 1971 namum baru diakui pemerintah 1977 dibuktikan dengan Akta Notaris ini, sudah membentuk karakter budaya yang melekat.
 Karakter Budaya ini terlihat didalam yayasan terdapat studio kesenian yang dugunakan untuk mendidik dan menampung kreatifitas anak didiknya.
Selain kesenian, TK ini juga menyediakan ekstra kulikuler diluar jam belajar siswa seperti angklung, seni tari, komputer, mengaji dan drumband.
“ Seperti drumband misalnya, baru berdiri tahun 2007 saja sudah mendapat Juara Harapan II pada waktu lomba drumband tahun 2010 yang diadakan TK se-kab Malang ”, tegas Maria.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar