Senin, 11 Oktober 2010

Perkembangan Teknologi Komunikasi


PERTEKOM
Masa Depan Teknologi Komunikasi
Nama             : Muhamad Zuhdi
Nim                 : 2007. 69. 09. 0009
Jurusan        : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : PERTEKOM
JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN
2010
BAB I
A. Pendahuluan
Ketika berpikir ke masa depan, sebagian besar orang mempertimbangkan teknologi saat ini dan bagaimana teknologi tersebut dapat diperbaiki atau lebih berkembang di tahun-tahun yang akan datang.
Bayangkan jika remote tersebut memiliki kemampuan untuk menyimpan sejarah hidup Anda menjadi perangkat yang dapat Anda gunakan untuk membawa memori Anda kembali ke kehidupan ketika Anda membutuhkannya.
Ini semua perangkat dan perkembangan yang saat ini sedang terus di kembangkan oleh para ilmuwan dan peneliti dari seluruh dunia. Teknologi telepon selular diharapkan akan jauh lebih maju selama sepuluh tahun atau lebih.
Pada kenyataannya, itu tidak sepenuhnya masuk akal untuk membayangkan melihat sebuah telepon selular yang dapat menghafal jadwal perjalanan Anda dan memastikan bahwa semuanya sudah siap mengenai jalan, pemesanan tiket pesawat dan bahkan kereta api dan memberikan Anda mutlak rute terbaik untuk mencapai tujuan Anda tepat waktu.
Bayangkan telepon yang akan mengendalikan sentral pemanas di rumah Anda agar Anda tetap hangat bahkan sebelum Anda bangkit dari tempat tidur di pagi hari atau yang memberikan otoritas darurat dengan informasi rumah Anda jika sistem keamanan rumah Anda sudah dipicu.
Banyak telepon seluler saat ini dilengkapi untuk menangani file musik, video dan banyak aspek hiburan lainnya. Bayangkan jika anda memiliki telepon yang akan bekerja dengan sistem hiburan rumah Anda dan menemukan program yang menarik minat Anda dan kemudian secara otomatis men-download program-program tersebut bagi Anda.
Telepon futuristik ini akan juga tahu langsung bagaimana menangani panggilan masuk Anda. Jika seseorang melakukan panggilan yang tidak ingin bicara (missed call) atau ketika Anda sudah punya janji, maka secara otomatis akan mengarahkan panggilan ke pesan suara tersebut berdasarkan jadwal Anda dan memberi Anda ringkasan teks untuk menelepon dan alasannya.
Telepon seluler ini akan seperti memiliki asisten virtual dalam saku Anda. Dan, meningkatkan teknologi dan perkembangan baru yang dibuat setiap tahun sehingga memiliki telepon seperti ini dalam waktu dekat ini tidak terlalu dibuat-buat.
Teknologi lainnya juga akan melihat pertumbuhan dan perkembangan.Memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit bahkan sebelum mereka mogok atau teknologi untuk menanamkan organ vital untuk menyelamatkan nyawa adalah hal-hal yang telah dikembangkan secara konstan selama beberapa tahun.
Teknologi yang mengelilingi penelitian medis secara substansial lebih maju daripada itu bahkan dua puluh tahun yang lalu. Kanker bisa suatu hari nanti benar-benar tidak dapat disembuhkan peduli jenis atau seberapa jauh maju penyakit ini ditemukan.
Atau, bisa saja menjadi salah satu penyakit yang individu menerima imunisasi ketika mereka masih muda, sehingga mereka tidak pernah tertular penyakit sebenarnya. Kendaraan mungkin sebenarnya bisa melayang-layang di atas tanah menghasilkan jauh lebih cepat dan lebih efisien cara untuk bepergian.
Teknologi masa depan tetap terlihat namun kita dapat mengasumsikan pada tingkat bahwa segala sesuatu telah berubah di masa lalu, hal-hal akan jauh lebih maju di masa depan.
Teknologi di masa depan mungkin tidak menghasilkan apapun dari hal-hal ini, tetapi kemungkinan bahwa mereka akan lebih baik.
Mengingat apa dunia sekarang dibandingkan dengan apa yang telah 100 tahun yang lalu, ia berdiri untuk alasan yang baik bahwa masa depan teknologi akan membawa kita ke hal-hal yang tidak pernah kita merasakanya.
BAB II
Pembahasan
 MASA DEPAN & PERKEMBANGAN
 TEKNOLOGI KOMUNIKASI
KONTAK JODOH VIRTUAL
Tentu kita semua mengenali dan pastinya menggunakan layanan instant message seperti Yahoo! Messenger, MSN, Skype, dan masih banyak lagi untuk mengobrol (chatting) dengan teman-teman atau kerabat kita yang berada jauh dari kita. Layanan instant message ini pun memiliki perluasan fungsi. Layanan ini tak hanya digunakan untuk sekedar mengoborol dengan teman atau kerabat dekat, tetapi kerapkali sebagai ajang pencarian jodoh. Biasanya pengguna akan masuk ke dalam chatroom untuk mengajak pengguna lain mengobrol. Dalam hal ini terdapat proses matematika komunikasi seperti yang diungkapkan oleh Weaver. Dalam bagan di bawah ini, yang menjadi info source yakni pengguna A yang memulai kontak dalam chat room, lalu pesan yang ia tulis di tangkap oleh Transmitter, yakni satelit. Pesan tersebut akhirnya sampai ke kemputer pengguna B sehingga pengguna B dapat membaca pesan yang tulis pengguna
   Jika ada rasa kecocokan yang tibum dari interaksi chatting tersebut, diadakanlah kopi darat untuk lebih mengenal satu sama  lain. Jika cocok, pasangan ini bisa saja menikah. Sungguh mengesankan kegunaan instant message ini. Mencari jodoh atau pasangan hidup bisa didapatkan lewat interaksi di dunia virtual.
TELEPON GENGGAM
   Dahulu masyarakat terbiasa mengirim pesan melalui pos baik itu berupa surat penting ataupun kartu ucapan selamat hari raya. Semenjak adanya telepon genggam, mengirim pesan tak lagi butuh waktu seminggu. Hanya dalam waktu lima detik saja dan dengan biaya yang sangat murah, pesan penting dan ucapan selamat hari raya dapat sampai ke orang-orang yang dituju dengan menggunakan Short Message Service (SMS). Handphone memiliki banyak kegunaan. Tak hanya untuk menelpon dan mengirim  serta menerima SMS saja, tapi dapat juga digunakan untuk mengakses internet bahkan menonton TV dan mendengarkan radio. Hal ini berkaitan dengan Konsep Konvergensi  di mana mengakses internet dahulu hanya dapat dilakukan menggunakan komputer atau laptop, menelpon hanya dapat menggunakan PSTN (telepon rumah), dan mengirim surat hanya dapata dikirim via pos. Sekarang dengan perkembangan handphone yang kian canggih, semua fungsi yang telah disebutkan di atas dapat dilakukan hanya dengan menggunakan satu telepon genggam saja.
Handphone terus mengalami pembarahuan sehingga memiliki banyak fungsi. Fenomena ini sesuai dengan hukum Moore yang menyatakan bahwa kemampuan mikroprosessor akan berlipat menjadi dua kali lipat lebih kuat setiap 18-24 bulan sekali. Serupa dengan yang terjadi pada pembaharuan yang terus terjadi pada handphone. Seperti kita ketahui, suatu perusahaan telepon genggam dengan begitu cepat mengeluarkan produk-produk terbarunya. Telepon-telepon genggam ini tentu memiliki fitur yang lebih baru dari telepon genggam yang telah ada sebelunmya karena memang akan selalu ada pembaharuan dari setiap alat teknologi.   
FUTURE MOBILE PHONE - Telepon genggam masa depan (Morph by Nokia)
Diluncurkan bersamaan dengan pameran Museum of Modern Art "Design and The Elastic Mind”, perangkat konsep Morph adalah jembatan antara teknologi yang sangat maju dengan potensi dan manfaat bagi para pengguna. Konsep perangkat ini menampilkan beberapa lompatan revolusioner yang dieksplorasi oleh Nokia Research Center (NRC) bekerjasama dengan Pusat Nanoscience Cambridge (Inggris Raya) - nano teknologi akan berpotensi menciptakan dunia perangkat yang berbeda dan membuka kemungkinan untuk spektrum yang baru.Teknologi konsep Morph akan mungkin menciptakan peluang fantastis untuk perangkat bergerak (mobile) :
        kemampuan baru yang fleksibel dan paduan bahan transparan yang tidak mencolok dengan cara kita hidup
         perangkat dapat melakukan pembersihan diri dan menjaga diri
         elektronik transparan yang menawarkan dimensi estetika yang baru sama sekali
        penanaman alat penyerapan energi matahari untuk mengisi ulang perangkat, sementara itu baterai juga menjadi lebih kecil, lebih tahan lama dan lebih cepat untuk mengisi ulang
         sensor terpadu memungkinkan kita untuk belajar lebih banyak tentang lingkungan di sekitar kita, memberdayakan kita untuk membuat pilihan yang lebih baik
Di samping kemajuan di atas, elektronik terpadu yang ditampilkan dalam konsep Morph dapat mengurangi biaya dan memasukkan lebih banyak fungsionalitas di ruang yang jauh lebih kecil, bahkan sebagai antarmuka yang sederhana dan kegunaan ditingkatkan. Semua kemampuan baru ini akan melepaskan aplikasi dan layanan baru yang akan memungkinkan kita untuk berkomunikasi dan berinteraksi dalam cara yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Nanoteknologi memungkinkan bahan dan komponen yang fleksibel, rengang, transparan dan sangat kuat. Urat saraf protein dijalin ke dalam tiga dimensi yang memperkuat struktur elastis tipis. Menggunakan prinsip yang sama dengan laba-laba sutra, elastisitas ini memungkinkan perangkat untuk secara harfiah berubah bentuk dan mengkonfigurasi dirinya untuk beradaptasi dengan tugas yang sedang dijalankan.   Ada desain lipat yang akan masuk dengan mudah dalam saku dan kegunaannya secara ergonomis menjadi ponsel tradisional. Kemudian ada pula desain yang tidak terlipat yang dapat menampilkan lebih banyak informasi rinci, dan menyertakan perangkat input seperti keyboard dan touch pad.Bahkan elektronik terpadu, dari interkoneksi ke sensor, bisa melakukan sifat fleksibel ini. Lebih jauh lagi, pemanfaatan bahan biodegradable memungkinkan untuk membuat produksi dan daur ulang perangkat lebih mudah dan ramah lingkungan.
Nanoteknologi juga dapat dimanfaatkan untuk membuat permukaan perangkat dapat membersihkan diri. Ini akan mengurangi korosi dan meningkatkan kelangsungan badan perangkat. Permukaan nanostructured, seperti "nanoflowers" mengusir secara alami air, kotoran, dan bahkan sidik jari. 
Nanoteknologi mengulurkan kemungkinan bahwa permukaan perangkat akan menjadi sumber energi alam melalui penutup struktur "nanograss" yang menghasilkan tenaga surya. Pada saat yang sama kepadatan energi baru yang tinggi pada gudang penyimpan memungkinkan baterai menjadi lebih kecil dan lebih tipis, sementara juga cepat untuk mengisi ulang dan lebih mampu bertahan dari siklus pengisian.
 Penginderaan Lingkungan
Nanosensors akan memberdayakan pengguna untuk memeriksa lingkungan di sekitar mereka dengan cara yang sama sekali baru, dari menganalisa polusi udara, untuk mendapatkan wawasan tentang bio-jejak dan proses kimia. Mungkin kemampuan untuk membantu memantau kondisi yang rumit seperti perkembangan kualitas lingkungan sekitar kita, atau yang sederhana seperti mengetahui apakah buah yang akan kita nikmati harus dicuci dahulu atau tidak. Kemampuan kita untuk menyelaraskan ke lingkungan kita dengan cara ini dapat membantu kita membuat keputusan-keputusan penting yang membimbing tindakan kita sehari-hari dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan kita. 
 New York, Amerika Serikat dan Espoo, Finlandia - Morph, konsep nanoteknologi gabungan, yang dikembangkan oleh Nokia Research Center (NRC) dan University of Cambridge (Inggris) - diluncurkan hari ini di samping "Design dan Elastic Mind" exhibition, pada 24 Februari – 12 Mei 2008, di The Museum of Modern Art (MoMA) di New York. Morph ditampilkan baik dalam bentuk katalog pameran dan di dalam situs resmi MoMA.
Morph adalah sebuah konsep yang mendemonstrasikan bagaimana perangkat bergerak masa depan akan dapat direngangkan dan fleksibel, yang memungkinkan pengguna untuk mengubah perangkat bergerak mereka ke dalam bentuk yang berbeda. Ini menunjukkan fungsi utama nanoteknologi yang mampu mengirimkan: bahan-bahan yang fleksibel, elektronik transparan dan membersihkan diri permukaan.
Dr Bob Iannucci, Chief Technology Officer, Nokia, berkomentar: " Nokia Research Center mencari cara untuk menemukan kembali bentuk dan fungsi perangkat bergerak, sedangkan konsep Morph menunjukkan apa yang mungkin terjadi".Dr Tapani Ryhanen, Kepala NRC Cambridge Inggris laboratorium, Nokia, berkomentar: "Kami berharap bahwa kombinasi dari seni dan ilmu pengetahuan ini akan menampilkan potensi Nanoscience kepada khalayak yang lebih luas. Penelitian kita melakukan hal mendasar untuk hal seperti mencari cara yang aman dan terkendali untuk mengembangkan dan menggunakan bahan-bahan baru. "
Profesor Mark Welland, Kepala Departemen Teknik's Nanoscience Group di University of Cambridge dan Universitas Direktur dari Nokia-Cambridge kolaborasi menambahkan: "Mengembangkan konsep Morph oleh Nokia telah memberikan kita fokus dalam pengembangan yang bersifat artistik dan inspirasional tetapi, yang lebih penting, menetapkan agenda teknologi penelitian bersama nanoscience dapat merangsang masa depan kita bekerja sama. "  Kemitraan antara Nokia dan Universitas Cambridge diumumkan pada bulan Maret, 2007 - kesepakatan untuk bekerja sama dalam program jangka panjang proyek-proyek penelitian bersama.
NRC telah mendirikan fasilitas riset situs di Universitas Cambridge Barat dan bekerjasama dengan beberapa departemen - pada awalnya Center dan Listrik Nanoscience Divisi Engineering Department - pada proyek-proyek yang, dapat memulai dengan, berpusat pada nanoteknologi. Unsur-unsur Morph mungkin tersedia untuk mengintegrasikan ke perangkat genggam dalam waktu 7 tahun, meskipun awalnya hanya pada high-end. Namun, mungkin suatu hari nanoteknologi mengarah pada solusi manufaktur berbiaya rendah, dan menawarkan kemungkinan integrasi fungsionalitas yang kompleks dengan harga murah.
FUTURE SHOP
 Video yang dibuat oleh Metro Group (Future Store Initiative) ini menggambarkan suatu teknologi canggih yang terdapat di supermarket di masa depan. Teknologi tersebut adalah suatu sistem  mesin yang dapat menghitung banyaknya barang dan biaya belanjaan konsumen di supermarket supermarket secara otomatis. Cara kerja teknologi ini adalah terdapat sinyal yang dapat mendeteksi barang-barang yang dibeli oleh konsumen. Bentuk teknologi ini adalah berupa dua palang yang saling berhadapan. Palang tersebut yang akan mengeluarkan sinar sensor yang akan menyensor konsumen dan barang yang dibelinya.Bila dilihat dari konsep Pacey, teknologi ini memberikan keuntungan dari segi organisasional. Adanya teknologi ini dapat memberikan kemudahan kepada sistem marketing perusahaan supermarket. Mereka menjadi dimudahkan dalam hal melayani konsumen yang ingin melakukan transaksi pembayaran. Mereka tidak perlu bersusah payah mengeluarkan barang belanjaan konsumen dan menghitungnya satu-satu.  Teknologi dapat menghitung banyak belanjaan konsumen dan biayanya dengan sangat cepat dan praktis. Teknologi ini juga memberikan pelayanan yang menyenangkan bagi konsumen. Konsumen tidak perlu lagi capek-capek mengantri untuk menunggu giliran transaksi pembayaran. Mereka cukup melewati palang yang dapat menghitung otomatis barang mereka.Teknologi ini juga berperan dalam mengurangi tingkat kriminalitas yang terjadi di supermarket. Dengan adanya teknologi sistem sensor, orang tidak akan dapat mencuri barang-barang yang ada di supermarket. Ketika ia melewati palang yang ada sistem sensor tersebut maka ia akan terkena sensor tersebut dan secara otomatis akan ketahuan biaya belanjaannya meskipun barang tersebut ia simpan.Teknologi memberikan kemudahan bagi perusahaan dan konsumen. Oleh karena itu, teknologi akan sangat membantu di masa depan nantinya.   

KOMPUTER HOLOGRAM
 Di masa depan komputer sudah tidak lagi menjadi suatu barang yang berwujud besar. Kecanggihan dan segala fungsi komputer direncanakan akan berbentuk hanya sekecil jam tangan. Segala isi dan konten komputer akan berbentuk hologram yang dapat tampak di permukaan. Pusat komputer ini terdapat pada jam tangan itu sendiri. Pada awalnya penyalaan komputer, memang berasal dari jam tangan tersebut sehingga memunculkan tampilan hologram. Namun selanjutnya pengoperasian komputer ini hanya dengan menyentuh hologram yang telah muncul. Pengoperasiannya sama seperti model touch-screen pada layar. Tapi bedanya isi komputer ini tidak memerlukan layar. Apapun yang diinginkan penggunanya dapat muncul begitu saja dipermukaan. Setiap tampilan pada layar komputer dapat muncul secara berbeda, jadi tampilan komputer sebelumnya tidak akan hilang. Jika terjadi penumpukan layar, pengguna dapat menggeser layar yang baru ke tempat lain dan mengoperasikannya kembali sesuai yang diinginkan. Jika sudah selesai digunakan, berbagai layar hologram ini dapat di nonaktifkan melalui pusatnya, jam tangan. Berdasarkan konsep yang dikemukakan Arnold Pacey, computer hologram ini dapat dikaitnya berdasarkan konsep perspektif kebudayaan. Komputer hologram ini dapat mengubah budaya yang saat ini ada. Jaman sekarang computer merupakan barang besar yang tidak dapat dibawa kemana-mana, begitu juga dengan keperadaan laptop. Laptop yang ada sampai saat ini masih merupakan barang yang besar dan berat untuk dibawa. Namun dengan adanya computer hologram yang pusatnya hanya seperti jam tangan, maka bentuk computer menjadi jauh lebih kecil dan ringan. Penggunaan computer ini juga jauh lebih mudah dari computer atau laptop yang ada saat ini. Computer hologram ini sudah tidak memerlukan keberadaan layar, CPU, dan mouse. Pengoperasiaannya hanya tinggal menyentuh hologram yang ada. Selain penggunaan dan bentuknya, penggunaan computer ini sudah dapat sangat personal. Computer ini dapat digunakan dimana saja. Selain itu, dalam pengaktifan computer ini tidak memerlukan listrik sehingga dapat menghemat energi. Jadi, budaya orang membawa dan pengoperasikan computer atau laptop yang ada saat ini sudah dapat berubah jika computer hologram ini berkembang pesat di masa depan. Konsep lain yang dapat dikaitkan dengan keberadaan komputer hologram ini adalah mediamorphosis. Konsep ini mengatakan jika ada suatu teknologi baru yang dapat mengganti teknologi yang lama yang tidak dapat bertahan. Jadi, jika teknologi computer hologram ini dapat berkembang pesat di masa datang, maka dapat menggeser keberadaan komputer atau laptop jika kedua teknologi tersebut tidak dapat bertahan.  Keyboard laserKeyboard LaserBerikut ini merupakan sebiuah pengenalan dari teknologi baru yang Akrab disapa dengan Keyboard Laser:Dengan ciri khas:
        Koneksi ke PDA Smartphone dan Komputer menggunakan Bluetooth
        Proyeksi keyboard berukuran penuh ke semua permukaan datar
        Memungkinkan kenyamanan keyboard biasa mengetik dalam faktor bentuk kecil
        Rechargeable baterai berlangsung selama 120 menit yang terus-menerus mengetik
        Tiny ukuran hanya 3,5 inci-Kompatibel dengan PalmOS 5, PocketPC 2003, Windows smartphone, Symbian OS, dan Windows 2000/XP. Mac OSX Dukungan terbatas.
Jika  dulu kita pakai komputer rumahan dengan keyboard warna putih dan hitam yang memiliki ukuran yang  cukup lumayan besar maka kita akan mengatakan betapa tidak canggihnya keyboard jenis tersebut dibandingkan dengan yang akan di bahas sekarang. Laser Keyboard memanfaatkan kekuatan laser dan inframerah teknologi dan proyek berukuran penuh keyboard ke permukaan datar apa pun. Saat Anda mengetik pada proyeksi laser, teknologi deteksi berdasarkan pengakuan optik memungkinkan pengguna untuk tekan tombol gambar, lengkap dengan suara penyadapan realistis, yang disisipkan kedalam kompatibel berkemampuan Bluetooth PDA, Smartphone, laptop atau PC. Tidak seperti banyak snap-kecil pada keyboard untuk PDA, Laser Virtual Keyboard menyediakan sebuah full-size QWERTY keyboard. Hal ini juga lebih kecil dan lebih nyaman untuk digunakan daripada keyboard lipat-jenis yang dibuat oleh jenis lain.Tidak ada bagian mekanik yang bergerak sama sekali di Laser  Keyboard atau pen keyboard. Ini memberikan gambar yang diproyeksikan adalah perangkat input portabel sempurna untuk PDA. Hal ini mirip dalam responsivitas untuk keyboard biasa. Perangkat yang ringan berbobot dua ons dan ukuran mirip sekali pakai pemantik rokok. Laser Keyboard mencakup mandiri ulang baterai lithium ion. Menyediakan Laser Virtual Keyboard dengan catu daya internal, sehingga tidak menguras daya baterai apapun dari PDA atau PC. Baterai berlangsung selama dua sampai tiga jam, lebih dari cukup waktu untuk melakukan beberapa pesan cepat dan pesan SMS dari perangkat genggam atau untuk memperbarui kalender dan buku telepon entri.Jika kita bayangkan mungkin kurang masuk kedalm logika dimana sebuah alat kecil ini memproyeksikan sebauah layar beserta dengankeyboard nya. Namun hal ini sanagt mungkin terjadi mengingat sudah majunya perkembangan teknologi saat ini. Penggunaan alat ini hanya menggunakan medium datar sebagai tempat untuk meproyeksikan nya dan berikutnya silahkan lakukan kegiatan anda seperti biasa. Setelah muncul proteksi layar maka akan muncul punya keyboard yang kinerjanya hanya dengan sisitem sentuh saja. Jadi tangan kita tidak perlu lagi merasakan kepegalan luar biasa akibat ,engettim dalam jumlh yang cukup banyakKeyboard laser ini juga memiliki kelebihan lain diantaranya untuk sistem pemindahan data yang telah ita input kedalamnya dengan menggunakan Bluetooth sebeagai pengahantarnya. Semua alat yang bisa mengsinkronisasikan bluetooth yang dipakai pada alat ini maka dapat terhunbung dan melakukan aktifitas pindah memindahkan data. Sistem finger print pun masih digunakan dlam teknologi ini. Keyboard LaserKe mendukung kecepatan sampai dengan 400 karakter dalam satu menitnya. Tombol yang sangat responsif untuk jari-jari kita. Keyboard ini sangat anti air, anti api dan tahan terhadap segala macam zat cair yang biasanya jadi momok untuk keyboar standar. Dengan kecepatan mengenal karakter yang dimiliki Keyboard laser ini maka membuat pengguna dengan speed kencang tidak akn ragu ragu dalam memilik teknologi seperti ini. Ketahanan atau anti air, anti api dan tahan terhadap segala macam zat cair juga merupakan nilai positif dari bbenda ini karena masalah sering timbul saat melakukan pengetikan yang dibarengai dengan konsumsi makanan dan minuman. Seperti contohnya saat menegrjakan tugas malam hari banyak diantara kita makan dan minum didepan komputer dan jika tidak hati hati maka akan tumpah ke jeyboartd, keyboard menjadi koslet dan lama kelamaan ajan rusak. Kerusakan yang di derita tersebut juga sangat berkaitan dengan nilai ekonomis suatu barang. Semakin tahan suatu barang maka nilai ekonomisnya makin tinggi, jadi diprediksi makin banyak orang yag kan beralih kepada proyektor keyboard mini seperti ini. Bila merujuk kepada konsep media morphosis dimana teknologi baru yang muncul dan akan berkembang dipaksa untuk beradaptasi dengan cara sedemikian rupa sehingga dapat diterima dan diterapkan kepada masyarakat. Jika teknologi beru seperti laser keyboard ini dapat melakukan adaptasi dan juga interaksi kepada masyarakat sebnagai penggunanya maka tidak tertutup kemungkinan teknologi lama yang bersifat konvensiona lama kelamaan dapat di gantikan dengan teknologi baru ini, dengan kata lain teknologi lama mengalami seleksi alam dan lama kelamaan akan mati dan eksistensinya akan digantikan dengan media yang baru.Kemampuan teknologi seperti ini untuk beradaptasi sedemikian rupa adalah karena pemakai yaitu masyarakat dimanapun menginginkan suatu keefisienan, keflexibelan dan kenyamanan, maka dengan keyboard laser ini hampir semua faktor tersebut terpenuhi. Jadi tidak perlu lagi membawa laptop yang ukurannya cukup besar dan tebal. Dengan menggunakan Pen ataupun Keyboard laser ini maka semua hal itu dapat dihindari. Terakhir seleuruh teknologi memang diciptakan untuk membuat manusia agar lebih mudah dalam segala hal, namun ingat manusialah yang dapat mengendalikan tekbologi dan bukan teknologi yang mengusiri kita.
TELEVISI MODERN
Video di atas menjelaskan mengenai sebuah teknologi televisi masa depan. Televisi ini hadir dengan tampilan bentuk yang sangat kecil (sebesar genggaman tangan), sangat tipis, dan dengan tingkat elastisitas yang tinggi (dapat di stretch, ditekuk dan digenggam) namun tidak mempengaruhi kualitas gambar (tetap jernih dan terang).  Televisi ini akan diproduksi oleh perusahaan Sony. Sejauh ini televise kecil dan canggih tersebut baru dibuat prototypenya.Bila dilihat dari konsep Pacey, teknologi ini memberikan pengaruh yang cukup berarti di dari sisi budaya. Dari jaman awal kemunculan televise hingga sekarang, budaya menonton TV seringkali menjadi acara bersama. Selain itu, karena bentuk TV yang relative besar dan tidak dapat dibawa kemana-mana, sehingga satu televise dapat dinikmati 10 orang sekaligus bahkan lebih, hingga dikenal istilah nonton bareng. Dengan hadirnya teknologi televise ini, budaya nonton bareng akan hilang  dan diganti dengan budaya menonton TV yang individualis karena kehadiran teknologi televise seperti ini yang menawarkan berbagai kecanggihan dan kepraktisan, seperti bentuk yang kecil, ringan, super tipis, dan dapat dibawa kemana-mana (praktis), terutama mengingat tingkat mobilitas di masa mendatang akan lebih tinggi lagi.Dilihat dari teori mediamorphosis, yang menyatakan bahwa kehadiran teknologi baru akan menggantikan teknologi lama yang tidak mampu bertahan, begitu pula halnya dengan teknologi televise ini, yang dimasa depan akan menggantikan televise-televisi yang eksis saat ini, bahkan TV flat sekalipun. Hal ini dikarenakan banyak keuntungan yang akan diperoleh dengan menggunakan teknologi televise seperti produksi dari Sony tersebut. Namun kekurangannya adalah, harga yang mahal, tidak semua orang dapat menjangkaunya sehingga diperkirakan persebarannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

GOOGLE EARTH
Google Earth adalah salah satu aplikasi yang memungkinkan seseorang untuk menemukan tempat atau suatu  lokasi. Google merupakan salah satu aplikasi yang memetakan bumi ke dalam suatu bentuk teknologi  dan mampu untuk memperlihatkan suatu bentuk bangunan, struktur jalan dan lain-lain. Google Earth menyuguhkan versi terbaru  yang akan segera diluncurkan ke hadapan publik. Aplikasi ini memungkinkan seseorang menemukan lokasi benda beserta data-data yang dibutuhkannya. Data yang telah terprogram misalnya pelacakan penyebaran kera. Bila seseorang menelusuri jejak kera, ia tinggal hanya menekan suatu link yang pada akhirnya akan memberikan data baginya seperti populasi, kelangkaan dan persebarannya. Alur pergerakan si kera dalam suatu wilayah juga dapat dilacak melalui aplikasi ini. Selain menyimpan data tentang kera, Google Earth versi terbaru ini juga menyediakan info seputar daerah rawan bencana dan daerah kritis. Hal tersebut memudahkan individu untuk mendapatkan suatu informasi mengenai suatu permasalahan tertentu.
Dalam membahas kajian ini teori yang digunakan adalah Perspektif Payung
Teknologi Komunikasi.
Menurut perspektif payung, bentuk teknologi ini dapat dibahas melalui segi sistem politik, ekonomi dan media. Dalam sistem politik segala informasi yang diberikan oleh Google Earth dapat dijadikan landasan bagi pemerintah untuk membuat kebijakan atau langkah-langkah tertentu demi menanggulangi suatu masalah. Pemerintah dapat membuat suatu peraturan bagi daerah rawan bencana, daerah penangkaran hewan langka, daerah kritis dan lain-lain. Sedangkan menurut sisi ekonomi, kebijakan-kebijakan yang tadi telah dibuat dapat dijadikan acuan dalam menentukan anggaran untuk membantu daerah tersebut sehingga pemerintah mulai menyediakan dana khusus untuk kesejahteraan makhluk yang ada di daerah tersebut. Melalui segi media, google earth sendiri merupakan salah satu media penyalur informasi dari suatu sumber kepada publik dalam rangka mengumumkan suatu keadaan atau kondisi. Informasi-informasi ini diberikan agar masyarakat mengerti dan mulai mengambil tindakan terhadap kondisi tersebut serta mempengaruhi suatu lingkungan tertentu. Informasi-informasi positif diberikan kepada masyarakat dan diharapkan ada tindakan positif dari masyarakat tersebut. 


ENERGI SUFICIENCY
Sering kita tak menyadari bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita telah membuang berbagai macam energi. Sadar tak sadar, kita menggunakan energi setiap hari. Kebutuhan manusia akan energi akan terus meningkat. Hingga tahun 2030, digambarkan bahwa kebutuhan dan penggunaan manusia akan energi semakin tinggi, hingga pengeluaran (output) dari proses penggunaan energi itu sendiri juga semakin menjulang. Jika hal ini terus dibiarkan maka akan berpengaruh pada atmosfer dan panas bumi. Selain itu, iklim masa depan juga akan terpengaruh, yang menyebabkan terjadinya perubahan iklim masa depan. Saat ini, terdapat 6,5 miliar populasi manusia di bumi dan pada tahun 2030 diperkirakan akan meningkat hingga 8,3 miliar populasi. Hal ini menunjukkan bahwa bumi akan semakin dipadati oleh manusia yang semuanya pasti akan memerlukan energi untuk kelangsungan hidupnya. Sementara sumber energi yang ada sangat terbatas. Sumber-sumber energi yang ada dan dapat digali atau dimanfaatkan meliputi: minyak (oil), air (hydro), nuklir (nuclear), batu bara (coal), matahari (solar), panas bumi (geothermal), gas alam (natural gas), biomassa, angin (wind). Oleh karena kebutuhan dan jumlah populasi manusia yang semakin meningkat, maka pada tahun 2030 permintaan akan energi akan meningkat hingga angka 53% dengan pengeluaran CO2 sebesar 55%. Dari perkiraan tersebut dapat dibayangkan bagaimana keadaan bumi kita dimasa mendatang dengan kelangkaan sumber energi dan panas yang semakin meningkat. Tanpa perubahan, akankah kita dapat tinggal dengan nyaman? Mentransportasikan diri kita dan barang-barang kita? Melindungi iklim kita? Dan bertahan? Maka muncul pertanyaan, bagaimana menjaga sumber daya energi tersebut agar tetap ada? Apa satu sumber energi yang paling penting di masa depan? Dari gambaran di atas, muncul suatu ide: Energy Sufficient

Efisiensi energi dapat menyelamatkan kita, termasuk keadaan bumi tempat kita tinggal beserta iklimnya. Efisensi energi dilakukan di  segala bidang kehidupan kita yang secara garis besarnya dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu:
1.     Industri
Industri membutuhkan energi sangat banyak untuk proses produksi. Oleh sebab itu, energi yang terbuang pun sebagai pengeluaran hasil proses produksi terhitung banyak. Untuk menghemat penggunaan energi maka perlu tersedianya teknologi terbaik yang berfungsi untuk mendaur-ulang pengeluaran hasil penggunaan energi menjadi bentuk energi lain yang dapat dimanfaatkan untuk proses lain, seperti menjadi bahan bahkan alat transportasi atau bentuk energi yang lain. Sehingga energi tak terbuang begitu saja. Dengan begitu, kita dapat turut serta menjaga iklim.
2.      Mobility
Energi sangat dibutuhkan dalam sarana transportasi, yaitu sebagai bahan bakar. Bayangkan seberapa banyak alat transportasi di seluruh dunia, dan kesemuanya itu membutuhkan bahan bakar sebagai penghasil energi agar ia dapat berjalan. Sementara itu, emisi atau pengeluaran sisa energi terbuang begitu saja yang dapat menimbulkan polusi. Oleh karena itu, diciptakan teknologi yang dapat menghemat energi dan bahan bakar serta mengembangkan prinsip aerodynamics dan lightweight plastics, sehingga energi yang sudah digunakan dapat digunakan lagi membentuk sebuah siklus sempurna. Polusi pun akan dapat diminimalisasi.
3.      Perumahan
Perumahan merupakan salah satu segi kehidupan yang juga membutuhkan banyak energi. Dapat dilihat dari banyaknya alat-alat rumah tangga yang menguras banyak energi seperti kulkas, mesin cuci, AC, dan sebagainya. Energi yang dikeluarkan pun akan membuat lingkungan rumah menjadi panas. Untuk mengefisiensikan energi maka rumah harus menerapkan sistem super-efficient thermal insulation, super-efficient plaster, dan advanced insulated windows.Energi efisiensi merupakan hal yang paling penting dalam pemanfaatan energi hingga masa mendatang. Dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang berprinsip pada efisiensi energi, maka permintaan akan energi dapat menurun dari 53% menjadi 16 %, dengan emisi CO2 dari 55% menjadi 11%. Itulah yang akan dicapai pada tahun 2030. Mendapatkan banyak efisiensi dari sedikit energi karena kita semua mempunyai teknologi. Oleh karena itu, segala penciptaan teknologi pada dasarnya selain untuk memudahkan manusia juga tetap mengacu pada prinsip efisiensi energi. Bersikap efisiensilah. Dengan satu langkah pasti, kita dapat menjaga bumi tempat kita tinggal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar