Selasa, 10 Januari 2012

DEFINISI KOMUNIKASI MASSA Joseph R. Dominick



Joseph R. Dominick:
Komunikasi massa adalah suatu proses dimana suatu organisasi
yang kompleks dengan bantuan satu atau lebih mesin
memproduksi dan mengirimkan pesan kepada khalayak yang
besar, heterogen, dan tersebar.

Jalaluddin Rakhmat merangkum:
Komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada
sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen dan anonim melalui
media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat
diterima secara serentak dan sesaat.

Proses komunikasi massa ala AG. Eka Wenats Wuryanta adalah proses masyarakat menanggapi perspektif sejarah masyarakat itu sendiri.
Dalam arti bahwa komunikasi masuk didalam suatu proses sejarah manusia. Orang membangun peradaban atau budaya dalam perspektif sejarah yaitu masa lalu, masa sekarang dan masa depan. Oleh karena itu komunikasi penting didalam seluruh proses pembudayaan tadi.

definisi komunikasi massa yaitu sebagai suatu proses yang secara simultan diperuntukkan untuk penduduk yang besar dan dalam skala yang sangat besar melalui media massa.

Komunikasi dengan masyarakat secara luas (komunikasi Massa) Pada tingkatan ini kegiatan komunikasi ditujukan kepada masyarakat luas. Bentuk kegiatan komunikasinya dapat dilakukan melalui dua cara :Komunikasi massa Yaitu komunikasi melalui media massa seperti radio, surat kabar, TV, dsbnya.Langsung atau tanpa melalui media massa Misalnya ceramah, atau pidato di lapangan terbuka.

Komunikasi massa, yaitu komunikasi dengan sasarannya kelompok orang dalam jumlah yang besar, umumnya tidak dikenal.
Komunikasi masa yang baik harus :
Pesan disusun dengan jelas, tidak rumit dan tidak bertele-tele
Bahasa yang mudah dimengerti/dipahami
Bentuk gambar yang baik
Membentuk kelompok khusus, misalnya kelompok pendengar (radio)

komunikasi massa menurut Elizabeth – Noelle Neuman yang membedakannya dengan komunikasi interpersonal, yaitu pertama, bersifat tidak langsung, artinya harus melalui media teknis. Kedua, bersifat satu arah (one flow communication), artinya tidak ada interaksi antarpeserta komunikasi. Ketiga, bersifat terbuka, artinya ditujukan kepada publik yang tidak terbatas dan anonim. Keempat, memiliki unsur publik yang secara geografis tersebar (Rakhmat, 1999 : 189).

Georg Gerbner memberi pengertian komunikasi massa dengan sebuah definisi singkat yaitu sebagai produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang berkelanjutan serta paling luas dipunyai orang dalam masyarakat industri (Rakhmat, 1999 : 188).

Karakteristik Komunikasi Massa menurut para pakar komunikasi:
1. Komunikator Melembaga (Institutionalized Communicator) atau Komunikator Kolektif (Collective Communicator) karena media massa adalah lembaga sosial, bukan orang per orang.
2. Pesan bersifat umum, universal, dan ditujukan kepada orang banyak.
3. Menimbulkan keserempakan (simultaneous) dan keserentakan (instantaneos) penerimaan oleh massa.
4. Komunikan bersifat anonim dan heterogen, tidak saling kenal dan terdiri dari pribadi-pribadi dengan berbagai karakter, beragam latar belakang sosial, budaya, agama, usia, dan pendidikan.
5. Berlangsung satu arah (one way traffic communication).
6. Umpan Balik Tertunda (Delayed Feedback) atau Tidak Langsung (Indirect Feedback); respon audience atau pembaca tidak langsung diketahui seperti pada komunikasi antarpribadi.

Karakteristik Media Massa:
1. Publisitas, yakni disebarluaskan kepada publik, khalayak, atau orang banyak.
2. Universalitas, pesannya bersifat umum, tentang segala aspek kehidupan dan semua peristiwa di berbagai tempat, juga menyangkut kepentingan umum karena sasaran dan pendengarnya orang banyak (masyarakat umum).
3. Periodisitas, tetap atau berkala, misalnya harian atau mingguan, atau siaran sekian jam per hari.
4. Kontinuitas, berkesinambungan atau terus-menerus sesuai dengan priode mengudara atau jadwal terbit.
5. Aktualitas, berisi hal-hal baru, seperti informasi atau laporan peristiwa terbaru, tips baru, dan sebagainya. Aktualitas juga berarti kecepatan penyampaian informasi kepada publik.

Referensi: Dennis McQuail, Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar, Erlangga, Jakarta, 1987; William R. Rivers at.al., Media Massa dan Masyarakat Modern: Edisi Kedua, Prenada Media, Jakarta, 2003; Winarni,
Advertisement
Share this:

* Share
*

* Twitter
* Facebook
*
*

Like this:
Like
Be the first to like this post.
1 Response to "DEFINISI KOMUNIKASI MASSA"

1 | kifli09
December 3, 2011 at 2:01 pm

bagus kali artikelnya, menambah ilmuku tentang komunikasi
Reply
Leave a Reply Cancel reply
Enter your comment here...

Fill in your details below or click an icon to log in:

*
*
*
*

Gravatar
Email (Not published)
Name
Website
WordPress.com Logo

Please log in to WordPress.com to post a comment to your blog.
Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. ( Log Out / Change )
Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. ( Log Out / Change )
Cancel

Connecting to %s

Notify me of follow-up comments via email.

Notify me of new posts via email.

Search

* Top Posts
* Latest Comments
* Tags


* AYAT-AYAT AL-QUR’AN PERSPEKTIF ILMU KOMUNIKASI (JUZ 29 DAN 30)
* KONDISI PERMINTAAN DAN POSISI PERSAINGAN PASAR
* MAHZAB ILMU KOMUNIKASI
* Pengantar Ilmu Manajemen Komunikasi
* IMPLIKASI KOMUNIKASI DALAM TEORI MUTAKHIR DAN KULTURAL
* DRAMATISM
* KOMUNIKASI MASSA SEBAGAI SISTEM SOSIAL
* FORMAT DISKUSI
* KONSEP DASAR PERENCANAAN KOMUNIKASI*)
* Pemimpin dan Kepemimpinan

* kifli09: bagus kali artikelnya, menambah ilmuku tentang komunikasi
* daviqisonfire: ijin nyomot, ane lagi males ngetik dari buku hhe
* Vino Vee: teori ini kalo di pake untuk mengetahui peningkatan penjualan produk, gimana ya?? nyambung ngga?? jadi, apakah efektif atw ngga' penggunaan teknologi

Categories

* Asas-Asas Manajemen (1)
* Basic Communications (9)
* Dasar Logika (1)
* Kampanye dan Propaganda (1)
* Komunikasi Antarpribadi (1)
* Komunikasi Kelompok (1)
* Komunikasi Lintas Budaya (1)
* Komunikasi Massa (4)
* Komunikasi Organisasi (1)
* Komunikasi Pemasaran (2)
* Komunikasi Sosial Pembangunan (1)
* Pengantar Ilmu Manajemen Komunikasi (1)
* Perencanaan Komunikasi (1)
* Psikologi Komunikasi (9)
* Sosiologi Komunikasi (2)
* Teknologi Komunikasi dan Informasi (1)
* Teori Komunikasi (8)
* Uncategorized (1)

Archives

* March 2011
* December 2010

Blog at WordPress.com.

Theme: Albeo by Design Disease.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar